3 Dinosaurus yang belum punah di dunia


                                             Assalamualikum wr.wb

    kembali lagi bersama saya saputra di sini saya akan menceritakan 3 dinosaurus yang belum punah di dunia.Oke lah kita langsung saja ke ceritanya.

 -Yang pertama ada:Komodo

   Komodo atau lengkapnya biawak komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies biawak besar yang terdapat di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat “ora”. Nama lain dari komodo adalah buaya darat, walaupun komodo bukanlah spesies buaya.

Komodo merupakan spesies terbesar dari familia Varanidae, sekaligus kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2–3 meter dan beratnya bisa mencapai 100 kilogram. Komodo merupakan pemangsa puncak di habitatnya karena sejauh ini tidak diketahui adanya hewan karnivor besar lain selain biawak ini di sebarang geografisnya.

 Yang kedua ada:Sidersaura marae

Sauroda yang ditemukan ini memiliki panjang hingga 19 meter dan berat 16,5 ton. Temuan pun menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana hewan tersebut bisa tumbuh menjadi begitu besar. “Penemuan ini membuka peluang penyelidikan dan penelitian baru untuk mempelajari bagaimana hewan-hewan ini bisa mencapai ukuran sebesar ini,” kata penulis utama studi, Lucas Nicolás Lerzo dari Universitas Maimónides di Argentina.

 S. marae adalah sauropoda rebbachisaurid yang biasanya memiliki berat hingga 10 ton. Keluarga sauropoda ini memiliki wajah seperti bebek yang memakan tumbuh-tumbuhan. Lerzo mulai mempelajari tulang tersebut pada tahun 2017 dan menemukan bahwa banyak ciri yang membedakannya dari rebbachisaurid lainnya.

 Beberapa perbedaan tersebut terkait dengan ukuran spesies baru yang sangat besar. Misalnya, kaki belakang S. marae jauh lebih kuat dibandingkan kerabatnya, mungkin untuk menopang beban lebih banyak. Para peneliti menamai

 S. marae berdasarkan bentuk lengkungan haemalnya yang tidak biasa, yaitu struktur tulang di bagian ekor. Lerzo dan timnya juga mengamati hubungan evolusi antara spesies baru dan rebbachisaurid lainnya. Penulis penelitian mencatat bahwa S. marae lebih dekat hubungannya dengan anggota kelompok yang lebih tua dari Kapur awal, dibandingkan dengan rebbachisaurid Kapur akhir lainnya.



Yang ke tiga ada:Kadal

 Kadal adalah hewan reptil yang memiliki banyak sifat genetik yang sama dengan hewan purba. Namun, kadal hanya memiliki hubungan jauh dengan archosaurs.

Kadal memiliki kemampuan beradaptasi yang ekstrem. Hal tersebut menjadi kunci kelangsungan hidup mereka dalam menghadapi beberapa peristiwa kepunahan yang signifikan.


  Itu saja dari saya kuranga lebih mohon maaf wassalamualikum wr.wb


    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar